Jumat, 29 November 2013

Makanan Traditional Yang Disukai Wisatawan Yang Datang Ke Bali

Makanan traditional Bali tidak hanya disukai wisatawan domestik tetapi juga dari manca negara, Keindahan Pulau ini memancing jutaan pasang mata, baik domestik maupun mancanegara untuk mengagumi keindahannya. Tak hanya panoramanya saja yang dicintai oleh masyarakat dunia, tetapi kulinernya atau makanan traditional nya pun menyimpan sejuta kelezatan yang tak kalah eksotisnya.
Sebagai contoh makanan traditional yang populer di Bali adalah Babi Guling , Ayam Bututu Bali, Nasi jinggo, Serombotan, Jaje Bali, lawar dan masih banyak yang lainya. Di dalam makanan Bali tersebut banyak sekali pelengkap yang disajikan selain bahan utamanya. Dan saya lihat sungguh tidak lah mudah untuk membuat itu semua.

1. Babi Guling
Babi guling (di Bali disebut be guling) adalah jenis makanan tradiotional Bali yang terbuat dari anak babi betina atau jantan yang perutnya diisikan dengan bumbu dan sayuran seperti daun ketela pohon dan lalu dipanggang sambil diputar-putar (diguling-gulingkan) sampai matang dengan ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi kecoklatan dan renyah. Awalnya babi guling pada mulanya digunakan untuk sajian pada upacara baik upacara adat maupun upacara keagamaan, namun saat ini babi guling telah dijual sebagai makanan traditional baik di warung-warung, rumah makan, bahkan hotel-hotel tertentu di daerah Bali dan lainnya.
2. Ayam Betutu Bali
Ayam Betutu adalah makanan traditional yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Salah satu produsen betutu adalah desa Melinggih, kecamatam payangan kabupaten Gianyar. Makanan bali ini juga merupakan makanan khas Gilimanuk. Betutu digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual. Konsumennya tidak hanya masyarakat Bali tapi juga tamu manca negara yang datang ke Bali, khususnya pada tempat-tempat wisata di Bali, hotel dan rumah makan atau restoran. Betutu tidak tahan disimpan lama.
3. Nasi Jenggo
Nasi jenggo (atau nasi jinggo) adalah makanan Bali yang serupa dengan nasi kucing, namun lauk disediakan sangat berbeda, umumnya adalah mie goreng, sambal, serundeng, dan ayam yang disuwir-suwir pedas. Namun nasi jenggo dapat ditambahkan dengan telur, tempe, dan tahu. Nasi jenggo umumnya dibungkus dengan daun pisang yang meanambah kesan makanan traditional.
Sama seperti nasi kucing, porsi nasi jenggo sangat sedikit dan harganya murah (umumnya Rp. 1000,- sampai Rp. 5000,-), sehingga nasi jenggo kurang mengenyangkan dan biasanya dibeli beberapa bungkus.

 
4. Serombotan
Srombotan adalah sayuran atau makanan traditioanl khas Klungkung Bali, terbuat dari sayur buah botor muda atau paku, toge, kobis yang dimasak setengah matang. kemudian diberi bumbu disebut kalas yang terdiri dari santan yang diberi tumbukan kunyit, lengkuas, bawang merah dan bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur. Cara memasak makanan bali ini yaitu degan dimasak hingga kental. Kalas inilah yang menjadi ciri khas serombotan yang kalau dihidangkan harus menggunakan kacang goreng dan nasinya bercampur ubi jalar atau nasi oran sele orang Bali menyebutnya. Makanan traditional ini sudah mendunia, karena restorant Made dan beberapa restorant di Bali menjadikannya sebagai hidangan utama pada menunya. Adalah Bondan WInarno pembawa acara wista kuliner di trans tv yang memberikan istilah MAKNYUS alias enak murah dan enak untuk makanan Bali ini. Makanan traditional ini seakan menjadi icon utama dibalik kelesatan sayuran di Bali saat ini.
5. Jaje Bali
Jaja Bali adalah makanan traditional atau kue-kue basah ala Bali. Rasa kue di Bali itu cenderung manis, selain suka pedas lidah orang Bali suka manis. Dari deretan makanan Bali dalam hal ini kue-kue basah yang cukup terkenal, misalnya laklak, kelepon, dan bulung biasanya selalu menawarkan rasa manis. Orang Bali biasa membuat pemanisnya dari gula kelapa atau mereka menyebutnya dengan gula Bali.
Uniknya kue kelepon yang memiliki bentuk bulat-bulat seukuran bakso yang kecil dan di dalamnya berisi cairan gula merah, cara makannya haruslah ekstra hati-hati. Anda jangan langsung menggigitnya karena gula di dalam kue tersebut akan muncrat dan mengotori baju. Oleh sebab itu, sebaiknya harus dimasukkan terlebih dahulu, kalau sudah yakin mulut tertutup rapat, barulah menggigit kue tersebut, dan cres… rasakan sensasi cairan gula merah yang manis lumer di dalam mulut. Begitu enaknya, makanan Bali ini merupakan makanan traditional yang paling diminati bagi wisatawan di Bali.
6. Lawar Bali 
Lawar adalah masakan traditional berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui yang berasal dari Bali. Makanan Bali ini lazim disajikan dalam rumah tangga di Bali atau dijual secara luas di rumah-rumah makan dengan sebutan lawar Bali. Lawar dibuat dari daging yang dicincang, sayuran, sejumlah bumbu-bumbu dan kelapa. Kadang-kadang di beberapa jenis lawar diberikan unsur yang dapat menambah rasa dari lawar itu yaitu darah dari daging itu sendiri. Darah tersebut dicampurkan dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga menambah lezat lawar tersebut. Lawar sendiri tidak dapat bertahan lama makanan ini jika didiamkan di udara terbuka hanya bertahan setengah hari. 
Jenis makanan traditional lainya;
  • Sambal Bali
  • Gedang mekuah
  • Sate Lilit
  • Tum Bebek
  • Wajik
  • Bubuh Injin
  • Godoh
  • Pisang Rai
Jadi bagi anda yang wisata di Bali sebaiknya anda harus mengenal makanan traditional yang mana patut untuk di coba.

0 komentar:

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Foto Pilihan Hari Ini

Foto Pilihan Hari Ini
Kintamani Bali

Cari Blog Ini

Label

7 air terjun abad ke 16 adat istiadat masyarakat bali Agama Hindhu Bali. agama hindu bali alam rafting alamat pia legong arung jeram arung jeram di bali Bali bali rafting bali trekking Bali water sports batik batik indonesia batik tradisional bedugul bedugul bali Benoa berlibur ke Bali besakih budaya bali budaya dan tradisi di bali cara membuat arak sidemen danau batur danau beratan Danghyang Niratha Desa Sambangan desa trunyan bali diving di Bali fungsi tari kecak gambar tari kecak gunung batur gunung batur bali gunung batur tour. gunung lebah temple gwk gwk bali harga songket bali Hari Raya Galungan Dan Kuningan hari raya nyepi hotel di pantai kuta hotel murah di bali istana kepresidenan istana tampak siring jenis tari bali jimbaran joger joger bali joger jelek jual kain songket bali. kabupaten Tabanan kain tenun songket bali kaos joger karanagsem kebudayaan bali kintamani kremasi Kuta Bali lokasi danau batur lokasi tanah lot lokasi tanjung benoa makanan bali makanan di bali makanan enak bali makanan enak di bali masakan traditional masyarakat bali mendaki gunung batur. monkey forest museum 3D bali museum Blanco museum Rudana Ngaben Ngurah Rai Nusa Ceningan Nusa Dua Nusa Lembongan nusa Penida Nyepi objek wisata objek wisata di Bali objek wisata do kabupaten bangli obyek wisata di Bali ogoh-ogoh ogoh-ogoh bali orang bali pabrik kata-kata pakaian tradisional indonesia paket arung jeram panati sanur pantai bali pantai di bali pantai Kuta pantai kuta Bali pantai lovina Pantai Pandawa Pantai Pandawa Bali. Pasar Seni Sukawati pengerajin songket bali pengertian tari kecak pia bali pia legong pia legong bali presiden soekarno promo water sports di Bali pura besakih pura gunung lebah pura terbesar di bali pura ulun danu pusat oleh-oleh rafting rafting bali rafting di bali Sambangan seawalker seawalker bali sejarah pantai kuta sejarah pura tanah lot sejarah tari kecak Singaraja songket bali taman nusa taman nusa gianyar tampak siring Tanah Lot Tanjung benoa Tanjung benoa water sports tari bali tari barong bali tari janger bali tari kecak tari kecak uluwatu tari legong bali. tari tradisional bali. telaga waja river temoat belanja di bali tempa twisata di Bali untuk anak-anak tempat terbaik diving di Bali tempat wisata bali tempat wisata bali terbaru tempat wisata di Bali tempat wisata di Indonesia tempat wisata ubud tenun songket bali tol atas laut tol Bali tol Bali Mandara tradisi bali trekking di bali trip to Bali trunyan bali tune hotel tune hotel bali tune hotel kuta tune hotel legian Ubud Ubud bali upacara ngaben water sport murah di bali water sports in Bali watersport di bali white water rafting wisata air wisata arung jeram wisata bali wisata dau batur wisata di Bali